Rendring objek 3d

3D Rendering adalah sebuah proses kreatif yang mirip seperti fotografi atau sinematografi, memberikan pencahayaan pada gambar dan mengatur adegan kemudian memproduksi sebuah ataupun beberapa gambar.
Tidak seperti fotografi biasa, adegan yang digambarkan biasanya imajiner, dan semua yang muncul dalam 3D rendering perlu untuk diciptakan dalam sebuah komputer sebelum gambar tersebut bisa di render.
3D Rendering merupakan proses untuk membentuk sebuah gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model tersebut berisi data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang diperlukan untuk membuat gambar yang utuh. 
3D Rendering merupakan proses yang sangat penting dan telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan, seperti program permainan komputer, efek spesial pada film dan program simulasi.
Rendering tidak hanya digunakan pada game programming. Rendering juga sering digunakan untuk desain arsitektur, simulator,movie atau juga spesial effect pada tayangan televisi, dan design visualization.
Setiap bidang tadi mempunyai perbedaan dalam keseimbangan antara features dan teknik dalam rendering. Terkadang rendering juga diintegrasikan dengan model yang lebih besar, paket animasi, terkadang juga berdiri sendiri dan juga terkadang free open-source product.
Berikut beberapa istilah-istilah yang kita akan temui dalam 3D Rendering
  • Shading : bagaimana warna kecerahan permukaan bervariasi dengan pencahayaan
  • Tekstur-mapping : suatu metode penerapan detail pada permukaan
  • Bump-mapping : suatu metode simulasi skala bumpiness kecil pada permukaan
  • Fogging/participating medium : bagaimana cahaya meredup
  • Shadows : efek menghalangi cahaya
  • Soft shadows : efek gelap yang disebabkan oleh tertutupnya setengah sumber cahaya
  • Reflection : seperti cermin dan bisa sangat mengkilap
  • Transparency (optics), transparency (graphic) or opacity: transmisi cahaya yang tajam melalui benda padat
  • Translucency : transmisi cahaya yang tersebar melalui benda padat
  • Refraction : cahaya yang terkait dengan transparansi
  • Diffraction : penyebaran dan interferensi cahaya yang lewat suatu obyek yang mengganggu sinar
  • Indirect illumination : permukaan diterangi cahaya yang dipantulkan dari permukaan lain
  • Caustics (a form of indirect illumination) : pantulan cahaya dari obyek yang mengkilat
  • Depth of field : obyek yang kelihatan buram atau tidak fokus ketika terlalu jauh di depan atau di belakang obyek dalam fokus
  • Motion blur : obyek yang terlihat kabur karena kecepatan gerak tinggi atau gerakan kamera
  • Non-photorealistic rendering: render dengan gaya artistik atau dimaksudkan untuk terlihat seperti sebuah lukisan atau gambar
  • Proses 3D Rendering
  • Sebelum Rendering

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudut Pandang Kamera Dan Proyeksi 3D

Pengertian objek 3D

MATERI AGREGASI